Inilah Cara Membuat Jus Apel tanpa Blender

Cara Membuat Jus

Bagaimana cara membuat jus apel tanpa juice extractor? Apalagi kalau lagi musim buah apel, apel di mana-mana. Dan Anda beruntung sekali kalau punya pohon atau kebun apel sendiri, tak perlu repot-repot ke pasar untuk membelinya. Kalau tidak punya, ya waktunya berbelanja untuk mendapatkan kesegaran apel dalam segelas jus. Untuk membuat jus apel, kita perlu menyimpan apel di tempat kering dan tidak terlalu lembab sampai siap untuk digunakan.

Dan ketika mau menggunakan apel yang sudah kita punya, cuci apel secara menyeluruh dan pilihlah buah apel dengan hati-hati untuk memastikan apakah ada apel buruk yang akan dibuang. Tidak perlu mengupas inti apel (biji). Buang bagian-bagian yang melembek karena ini akan memberikan rasa yang agak tak enak. Potong apel baik setengah bagian atau menggunakan cutter khusus buah.


Tempatkan semua apel yang sudah dipotong ke dalam panci besar atau ketel dan tambahkan sekitar 2 cm air hingga di atas permukaan apel. Tutup ketel dan didihkan sampai apel menjadi lunak. Kalau sudah lunak, kita boleh menumbuk apel di dalam panci. Tuangkan apel yang sudah tumbuk ke dalam saringan besar. Ada beberapa cara membuat jus dalam menyaringnya. Dengan menggunakan spatula untuk mendapatkan sebanyak jus melalui sebanyak mungkin. Anda akan mendapatkan tiga produk akhir yang terpisah: jus apel, semacam mash apel dan kulit. Jangan membuang mash apel atau kulit! Karena mash apel bisa kita jadikan saus apel dan kulitnya dapat digunakan untuk membuat jelly apel.


Category Article ,
Powered by Blogger.